Cek Arus Mudik di H-3 Hari Raya Idul Fitri, Kapolda Kepri: Penumpang Cukup Ramai, Aktivitas Normal Cek Arus Mudik di H-3 Hari Raya Idul Fitri, Kapolda Kepri: Penumpang Cukup Ramai, Aktivitas Normal

Cek Arus Mudik di H-3 Hari Raya Idul Fitri, Kapolda Kepri: Penumpang Cukup Ramai, Aktivitas Normal

Cek Arus Mudik di H-3 Hari Raya Idul Fitri, Kapolda Kepri: Penumpang Cukup Ramai dan Aktivitas Normal
Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H saat meninjau arus mudik di Bandara Hang Nadim, Senin.(8/4/2024). (F/Humas Polresta Barelang)

Dinamika Kepri | Batam - Didampingi Kapolresta Barelang Kombes Pol Dr. Nugroho Tri N, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah melakukan peninjauan dan pengecekan arus mudik H-3 Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Kota Batam, Senin.(8/4/24).

Selain Kapolda Kepri dan Kapolresta Barelang, peninjauan arus mudik ini juga dihadiri Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, Brigjen. Pol. Jakub Prajogo, PJU Polda Kepri, Dandim 0316/Batam Kolonel Inf Rooy Chandra Sihombing, Kepala PT. Jasa Raharja Kepri Wanda P. Asmoro dan PJU Polresta Barelang.

Peninjauan ini dilakukan di terminal keberangkatan Bandara Hang Nadim serta sekaligus melakukan pengecekan pos terpadu di Bandara tersebut.

Dari Bandara, kemudian dilanjutkan peninjauan arus mudik penumpang kapal Roro di Pelabuhan Telaga Punggur dan pengecekan pos terpadu. Setelah itu, dilanjutkan pengecekan pos pengamanan di dekat Pelabuhan Internasional Batam Center.

Sembari melakukan peninjauan, Kapolda Kepri juga menyempatkan diri menyapa masyarakat Batam yang sedang melakukan mudik lebaran.

"Semoga selamat sampai tujuan dan selamat menikmati mudik lebaran dengan ceria. Sampaikan salam kepada keluarga di kampung dan kembali mudik lebaran dengan selamat, agar dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa," kata Kapolda Yan Fitri.
Terkait kegiatan itu, kepada media Kapolda Kepri mengatakan, dari tiga tempat yang telah ditinjau, aktivitas arus mudik lebaran terlihat masih normal.

"Hari ini kita melaksanakan peninjauan dan pengecekan di 3 pos utama yang ada di kota Batam yaitu Pos Terpadu Bandara Hang Nadim, Pos Terpadu Roro Telaga Punggur, dan Pos Pam Engku Putri Batam Center di depan Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center. Kita melihat aktivitas masih normal-normal saja, dan yang akan meningkatkan suatu pertumbuhan dan peningkatan adalah di domestiknya baik domestik yang ada di pulau seperti Telaga Punggur, dan itu juga h-4 tinggi angkanya," ungkap Kapolda Kepri.

"Kemudian kita juga tadi didampingi oleh Jasa Raharja dan Dandim 0316/Batam dan Kapolresta Barelang jadi peningkatan di hari h-4 kemaren sampai pukul 01.00 Wib malam, artinya disini sesuatu yang tidak terjadi sebelum-sebelumnya terjadi peningkatan dikarenakan adanya miss karena sekarang adanya pembelian tiket secara online," lanjutnya.

Kata Kapolda, ketidaktahuan masyarakat tentang adanya pemesanan tiket bisa secara online, membuat penumpang mudik jadi miss dengan pihak pelabuhan. Namun meski demikian, lanjut Kapolda, pihak pelabuhan mencari solusinya agar penumpang bisa mendapatkan tiket.
Lebih lanjut Kapolda mengatakan, meski saat ini masih ada peningkatan penumpang yang cukup ramai, namun masih tetap lancar.

"Di Bandara maupun Pelabuhan Domestik Sekupang, Telega Punggur dan yang diluar Provinsi, semua terlayani dengan baik, itu karena berkat kawan-kawan dari jasa marga dan TNI dan semuanya yang bersinergi," pungkasnya.

Kapolda juga berharap, kesiapan petugas yang bersinergi pada mudik tahun ini, dapat berjalan dengan baik.

"Semoga makna mudik ceria tahun ini dapat berjalan dengan baik, dan kesiapan petugas juga sudah kita siapkan di 56 titik pos dengan bersinergi dengan instasnsi terkait agar mudik ceria tahun ini berjalan dengan lancar," katanya.

Tak hanya itu, Kapolda Kepri juga bepesan ke masyarakat yang mudik, katanya jika ingin menitipkan barang berharga, bisa menghubungi Polsek terdekat.

"Saya juga berpesan kepada masyarakat bagi yang mudik agar rumahnya betul-betul diperiksa dan dikunci sebelum ditinggalkan. Apabila ada barang berharga, dititipkan segera dan menghubungi Polsek terdekat. Jaga anak-anak kecil dari pantauan jangan sampai terlepas, semoga ini tidak menjadi masalah bagi yang bermudik, dan yang terkahir saya mengucapkan, semoga selamat sampai tujuan sampaikan salam kami kepada keluarga selamat hari raya idul fitri 1445 H mohon maaf lahir dan bathin," tutup Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah. (r)
Lebih baru Lebih lama