Asah Kemampuan, Personil Polres Bintan Latihan Antisipasi Kericuhan Jelang Pemilu Asah Kemampuan, Personil Polres Bintan Latihan Antisipasi Kericuhan Jelang Pemilu

Asah Kemampuan, Personil Polres Bintan Latihan Antisipasi Kericuhan Jelang Pemilu

Asah Kemampuan, Personil Polres Bintan Latihan Antisipasi Kericuhan Jelang Pemilu
Kabagops Polres Bintan AKP Monang Silallahi, SH saat memimpin latihan asah kemampuan Antisipasi Kericuhan Jelang Pemilu di Lapangan Bhayangkara Polres Bintan, Rabu (23/08/2023).  

Dinamika Kepri | Bintan - Kepolisian Resor Bintan terus asah kemampuan dalam penanganan unjuk rasa menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Latihan pengadalian massa (Dalmas) ini dilakukan di Lapangan Bhayangkara Polres Bintan, Rabu (23/08/2023).

Adapun personil yang dikerahkan dalam latihan pengandalian massa tersebut sebanyak 2 kompi yang terdiri dari 1 pleton negosiator, 1pleton dalmas awal, 2 pleton dalmas lanjut, 1 pleton Pengurai Massa (Raimas).

Latihan pengendalian massa (Dalmas) dipimpin oleh Kabagops Polres Bintan AKP Monang Silallahi dengan didampingi Kasat Samapta Polres Bintan AKP Fredyando.

"Tujuan dari latihan Dalmas ini adalah untuk sebagai persiapan dalam menghadapi situasi jika ada unjuk rasa dari masyarakat dengan jumlah besar dan mengantisipasi terjadinya tindakan anarkis saat berlangsungnya penyampaian pendapat dimuka umum atau unjuk rasa oleh masyarakat, sehingga personil yang melakukan pengamanan sesuai SOP," kata Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo melalui Kabagops Polres Bintan, AKP Monang Silalahi.

Terlihat, berbagai gerakan setiap peleton diperagakan sesuai dengan eskalasi mulai dari Negosiasi, gerakan dorong, desak maju dan melindungi diri hingga penguraian massa demo juga diperagakan.

"Kedepan kami akan melakukan latihan gabungan dengan Satbrimob Polda Kepri sebagai Dalmas Inti untuk mengurai massa yang seolah-olah adanya unjuk rasa yang diperankan oleh personel Polres Bintan", tutup AKP Monang P Silalahi. (r)
Lebih baru Lebih lama